Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Consumption of Carrots to Maintain Healthy Eyes

Tentang Wortel



Kaitan antara konsumsi wortel untuk menjaga kesehatan penglihatan memang masuk akal. Wortel adalah sumber beta-karoten yang tinggi yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A, 

nutrisi penting untuk kesehatan mata. Tetapi hanya sejumlah kecil yang diperlukan untuk mempertahankan penglihatan yang sempurna. Sisa wortel sebagian besar adalah air.

Selain beta-karoten dan vitamin esensial, senyawa lain yang ditemukan dalam sayuran hijau membantu menjaga kesehatan mata yang optimal. Senyawa ini membantu melindungi retina dan juga penting untuk menjaga penglihatan yang tepat. 

Selain beta-karoten dan vitamin esensial, senyawa lain yang ditemukan dalam sayuran hijau membantu menjaga kesehatan mata yang optimal. 

Senyawa ini membantu melindungi retina dan juga penting untuk menjaga penglihatan yang tepat. 

Sayuran seperti bayam mengandung jumlah tinggi dari satu bahan kimia tertentu, yang disebut likopen. Sayuran lain seperti kangkung dan sawi juga mengandung bahan kimia serupa.

Ada pigmen dalam wortel yang disebut rutin. Ahli mata setuju bahwa diet tinggi sayuran yang mengandung rutin, seperti collard greens, sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. 

Selain beta karoten dan likopen, wortel mengandung berbagai nutrisi lain, termasuk serat, protein, dan lutein. 

Semua nutrisi ini berkontribusi pada penglihatan yang lebih sehat, tetapi kontribusi hujan mungkin sangat penting bagi orang-orang yang peduli untuk menjaga penglihatan mereka. 

Ada pigmen dalam wortel yang disebut rutin. Ahli mata setuju bahwa diet tinggi sayuran yang mengandung rutin, seperti collard greens, sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. 

Selain beta karoten dan likopen, wortel mengandung berbagai nutrisi lain, termasuk serat, protein, dan lutein. 

Semua nutrisi ini berkontribusi pada penglihatan yang lebih sehat, tetapi kontribusi hujan mungkin sangat penting bagi orang-orang yang peduli untuk menjaga penglihatan mereka. 

Likopen dan senyawa lain yang ditemukan dalam wortel mengandung berbagai antioksidan yang terkait dengan menjaga penglihatan.

Kandungan antioksidan


Antioksidan dalam wortel sangat penting karena penghancuran antioksidan oleh radikal bebas dalam tubuh diyakini menjadi salah satu penyebab katarak dan penyakit mata terkait usia lainnya. 

Jus wortel

Jus wortel mengandung sejenis senyawa yang disebut rutin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi wortel dapat membantu mencegah penyakit mata 

terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak dengan melindungi mata dari kerusakan akibat kekurangan oksigen. 

Tidak sepenuhnya jelas bagaimana wortel membantu menjaga kesehatan mata, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa makan berbagai buah dan sayuran 

secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan mungkin mencegah penyakit mata tertentu.

Menurut para ahli

Ahli mata berteori bahwa antioksidan dalam wortel mengandung lutein, yang penting untuk mengobati degenerasi makula terkait usia. 

Degenerasi makula dikaitkan dengan penurunan kualitas penglihatan yang terjadi seiring bertambahnya usia. 

Mayoritas pasien dengan degenerasi makula memiliki kehilangan penglihatan yang parah dan fungsi kognitif yang buruk,

yang menunjukkan pentingnya antioksidan dalam menjaga kesehatan penglihatan. Wortel mengandung sejumlah besar lutein. 

Faktanya, satu wortel mengandung lebih dari dua kali lipat jumlah lutein yang ditemukan dalam jumlah bayam yang sama.


Vitamin B

Kekurangan vitamin B, terutama niasin, juga dapat menyebabkan hilangnya penglihatan di malam hari. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan wortel yang cukup dapat mencegah hilangnya penglihatan malam pada penderita diabetes. 

Namun, para peneliti tidak yakin apakah vitamin tersebut sebenarnya penyebab kondisi tersebut. Kekurangan ketiga vitamin dapat menyebabkan diabetes, yang berhubungan dengan ketajaman visual yang buruk, 

peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung dan penglihatan yang buruk, menurut American Heart Association. Namun, tidak jelas apakah kondisi tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin B.

Nutrisi Lain dalam Wortel

Nutrisi lain yang mungkin terkandung dalam wortel adalah beta-karoten. Selain sebagai sumber vitamin A yang berharga, beta-karoten adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi perkembangan sel kanker. 

Wortel dan ubi jalar adalah satu-satunya buah dan sayuran yang mengandung konsentrasi beta-karoten yang tinggi. 

Ubi jalar bahkan merupakan sumber nutrisi yang lebih baik jika digunakan dalam memanggang atau untuk menggoreng dan memanggang daripada menumbuk dan menghaluskannya. 

Namun, karena tubuh tidak dapat memecah beta-karoten sebanyak mungkin untuk buah dan sayuran lainnya, disarankan agar pelaku diet makan lebih sedikit ubi jalar dan makan lebih banyak wortel dan sayuran berwarna cerah lainnya.

Kesimpulan

Kesimpulannya, wortel adalah tambahan yang menyenangkan untuk diet apa pun dan dapat berkontribusi pada peningkatan penglihatan dengan meningkatkan kesehatan mata. 

Tetapi jika seseorang ingin mendapatkan manfaat paling banyak, mereka harus makan setidaknya enam wortel kecil segar setiap hari. Untuk menghindari ujung yang mekar, kupas kulitnya sebelum dimakan. 

Bagi mereka yang suka memakannya mentah, wortel bisa digigit mentah, tetapi mereka yang ingin hidangan yang dimasak harus memakannya dalam uap atau es.

1 comment for "Consumption of Carrots to Maintain Healthy Eyes"

  1. Jus wortel itu kalau gak disaring benar, bikin seret, ampas nya lumayan bikin seret. Tapi enak sih.

    ReplyDelete